Kamis, 25 Februari 2010

Kitab Bulughul Maram

Kitab “Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam” karya Imam Abul Fadhl Ahmad bin ‘Ali bin Hajar Al-‘Asqolany yang masyhur dengan nama Al-Hafizh Ibnu Hajar, merupakan kitab yang tidak asing lagi di kalangan para penuntut ilmu syariat.

Bobot dan kualitas kitab telah diakui oleh para ‘ulama setelah Al-Hafizh Ibnu Hajar. Walaupun ringkas dan hanya memuat pokok-pokok hadits hukum tetapi kitab ini telah menjadi salah satu rujukan penting di zaman ini dimana para ‘ulama memberikan perhatian khusus dalam men-syarah dan menguraikan hukum-hukum fiqh yang terkandung di dalamnya.

Dan wajarlah kalau kitab ini sangat populer di seluruh lapisan para penuntut ilmu, baik itu dikalangan para penuntut ilmu hadits maupun dikalangan penuntut ilmu yang mendalami madzhab-madzhab fiqih yang terkenal seperti madzhab yang empat, Hanafy, Maliky, Syafi’iy, Hambaly dan lain-lain.

Terdorong oleh hal ini dan sebagai nasihat bagi ummat untuk kembali mempelajari syari’at Islam serta upaya untuk menghidupkan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ’ala alihi wa sallam yang banyak dianggap asing di zaman ini, maka kami akan berusaha untuk menyajikan kepada para pembaca yang budiman kitab Bulughul Maram disertai dengan syarah (penjelasan) ‘ilmiyah yang menguak kandungan-kandungan fiqh yang terpendam dalam sabda Rasulullah shollallahu 'alaihi wa 'ala alihi wa sallam yang agung dan juga disertai dengan takhrij ‘ilmiyah yang menjelaskan derajat setiap hadits berdasarkan timbangan para ‘ulama ahli hadits.

Harapan kami, mudah-mudahan amalan ini ikhlas mengharap wajah-Nya yang Mulia dan bermanfaat untuk Islam dan kaum muslimin, amin…. Ya Mujibas-salim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar